Thursday, September 17, 2015

Penyebab mobil terbakar

Bismillahirrahmanirrahim, 

Pernah melihat mobil terbakar ?

Biasanya para awak media langsung menuju TKP untuk meliput berita tersebut. Mereka langsung mengeluarkan argumennya. Ada yang mengaitkan dengan merk " X " yang sedang populer, atau mungkin mobil para selebriti.


Tahukah Anda kenapa mobil bisa terbakar ?

Sebenarnya ini ranahnya petugas negara seperti Polisi.

Yang perlu ditekankan adalah dari mana sumber api tersebut. Bisa dari kebocoran bahan bakar ( mobil tertabrak ) atau konsleting sistem kelistrikan.
 
Untuk kasus yang berhubungan dengan bahan bakar, biasanya disebabkan adanya kebocoran pada pipa/ saluran yang dibuat sendiri ( tambahan ). Semisal untuk pengirit bahan bakar. Saluran / pipa yang dibuat tersebut biasanya tidak kuat dan akhirnya bocor. Jika kebocoran mengenai saluran pembuangan / knalpot, maka timbulah api.
 
Aksesoris kelistrikan abal - abal
 
Sedangkan yang berhubungan dengan kelistrikan, biasanya disebabkan adanya kegagalan pada sistem kelistrikan tambahan. Misalnya penambahan Fog Lamp , peningkatan kapasitas Head lamp, atau penambahan aksesoris lampu berjenis LED.
Proses pemasangan yang asal colok, jalur ( routing ) kabel yang asal- asalan dan buruknya kualitas bahan, menyebabkan adanya panas berlebih pada rangkaian. Jika panas tadi mengenai bahan yang mudah terbakar, maka terjadilah kasus mobil terbakar.
 
Sekian


No comments:

Post a Comment